Kamis, 25 Oktober 2012

PENGERTIAN DAN WUJUD KEBUDAYAAN

        Indonesia merupakan negara yang bukan hanya kaya dengan sumber daya alamnya,tapi juga kaya akan kebudayaannya,masing-masing daerah di Indonesia punya kebudayaan yang berbeda-beda,namun walaupun begitu Indonesia tetap satu,dari sekian banyak kebudayaan yang ada di Indonesia disanalah kita bisa menilai masing-masing daerah mempunyai kebiasaan tradisi atau tradisi mereka masing-masing.
       Saya mengambil contoh kebudayaan dari Sumatera Barat dimana saya berasal,di Sumatera Barat terdapat berbagai macam kebudayaan,dari satu daerah dengan derah lain di Sumatera Barat memiiki kebudayaan yang berbeda-beda,salah satu contohnya adalah Randai 



         Randai adalah salah satu contoh kebudayaan yang ada di Sumatera Barat,Randai yang dulu berbeda dengan randai yang sekarang,karena sesuai dengan perkembangan zaman randai sekarang dikombinasikan dengan tarian tarian,dan musiknya pun juga lebih moderen,kalau dahulu menggunakan saluang(alat musik tradisional minang),sekarang sudah menggunakan keyboard dan alat yang lebih canggih seperti keyboard dan drum.

 PENGERTIAN KEBUDAYAAN


         Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

Definisis kebudayaan tersebut di atas tampaknya kebanyakan definisi dan pemakaiannya telah mengaburkan perbedaan penting antara kebudayaan sebagai pola untuk perilaku dengan pola dari perilaku.
Dari definisi-definisi kebudayaan tersebut di atas dapat dinyatakan bahwa inti pengertian kebudayaan mengandung beberapa ciri pokok, yaitu sebagai berikut :
a. Kebudayaan itu beraneka ragam.
b. Kebudayaan itu diteruskan melalui proses belajar.
c. Kebudayaan itu terjabarkan dari komponen biologi, psikologi, sosiologi, dan eksistensi manusia.
d. Kebudayaan itu berstruktur.
e. Kebudayaan itu terbagi dalam aspek-aspek.
f. Kebudayaan itu dinamis.

g. Nilai-nilai dalam kebudayaan itu relatif (sadeli, dkk, 1985)
        
      Dari berbagai definisi dapat diperoleh kesimpulan mengenai pengertian kebudayaan yaitu sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Kata budaya atau kebudayaan itu sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Secara lebih rinci, banyak hal-hal yang dapat kita pelajari tentang definisi kebudayaan

 WUJUD KEBUDAYAAN

          Wujud kebudayaan dapat dibedakan menjadi tiga bagian yaitu:

o    Wujud Gagasan

          Budaya dalam wujud gagasan/ide ini bersifat abstrak dan tempatnya ada dalam alam pikiran tiap warga pendukung budaya yang bersangkutan sehingga tidak dapat diraba atau difoto.Sistem gagasan yang telah dipelajari oleh setiap warga pendukung budaya sejak dini sangat menentukan sifat dan cara berpikir serta tingkah laku warga pendukung budaya tersebut. Gagasan-gagasan inilah yang akhirnya menghasilkan berbagai hasil karya manusia berdasarkan sistem nilai, cara berfikir dan pola tingkah laku. Wujud budaya dalam bentuk sistem gagasan ini biasa juga disebut sistem nilai budaya.

o    Wujud benda hasil budaya

          Semua benda hasil karya manusia tersebut bersifat konkrit, dapat diraba dan difoto. Kebudayaan dalam wujud konkrit ini disebut kebudayaan fisik. Contoh: bangunan-bangunan megah seperti tembok cina, menhir, alat rumah tangga seperti kapak perunggu, gerabah dan lain-lain. Salah satu contoh kebudayaan di Mesir yaitu Piramida



         Dalam kenyataan sehari-hari ketiga wujud tersebut yaitu gagasan, perilaku dan benda hasil budaya tidak terpisahkan dan saling mempengaruhi. Contoh: salah satu unsur kebudayaan adalah sistem religi maka wujud budaya sistem religi adalah sebagai berikut:

1) Gagasan

2) Perilaku
 

o    Wujud perilaku


          Budaya dalam wujud perilaku berpola menurut ide/gagasan yang ada. 
Wujud perilaku ini bersifat konkrit dapat dilihat dan didokumentasikan (difoto dan difilm). Contoh: Petani sedang bekerja di sawah, orang sedang menari dengan lemah gemulai, orang sedang berbicara dan lain-lain. Masing-masing aktivitas tersebut berada dalam satu sistem tindakan dan tingkah laku.salah satu contoh Wujud perilaku dalam kebudayaan adalah Tari



Sumber :
http://herydotus.wordpress.com/2012/03/03/wujud-kebudayaan/

http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya 

 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar